loader

100 Persen Lulusan AK Tekstil Solo Diterima Kerja Di Industri TPT

21 November 2017 | Author : Manufakturindo
image berita
Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil Solo (AK Tekstil Solo) resmi mewisuda angkatan pertama berjumlah 102 orang. Dari 102 lulusan tersebut, semuanya telah diterima bekerja di industri tekstil dan produk tekstil (TPT) di Solo dan sekitarnya.

 

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Industri Mujiyono menyampaikan, jumlah lulusan terdiri dari 23 orang dari program studi Teknik Pembuatan Benang, program studi Teknik Pembuatan Kain Tenun 25 orang, dan program studi Teknik Pembuatan Garmen 54 orang.

 

“Dari 102 lulusan tersebut, sebanyak 37 orang lulus dengan predikat cumlaude, 57 orang predikat sangat memuaskan, delapan orang predikat memuaskan, dan satu orang cukup memuaskan,” sebutnya.

 

Untuk penyerapan kerja, seluruh lulusan atau 100 persen telah diterima di sejumlah industri TPT Solo dan sekitarnya, antara lain PT. Sri Rejeki Isman (Sritex) Sukoharjo (45 orang), PT Danliris Sukoharjo (19 orang), PT. Pan Brothers Tbk (14 orang), PT Kusumahadi Santosa Karanganyar (12 orang), PT Bintang Asahi Textile (5 orang), PT Koesoema Nanda Putra, Klaten (4 orang), PT Sinar Surya Indah Lestari (2 orang), dan PT Sekar Lima Pratama (1 orang).

 

AK Tekstil Solo merupakan salah satu perguruan tinggi berbasis vokasi yang dikembangkan oleh Kementerian Perindustrian dan jajarannya. Saat ini, Kemenperin tengah memprioritaskan pengembangan industri tekstil dan produk tekstil (TPT) agar semakin berkinerja positif dan berdaya saing global. Menurut Kemenperin, industri TPT merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional, serta merupakan industri prioritas padat karya dan berorientasi ekspor.

 

“Untuk itu, kami telah mengambil beberapa langkah strategis, antara lain melalui penguatan pendidikan vokasi dalam upaya penyediaan sumber daya manusia yang kompeten bagi industri TPT,” kata Sekjen Kemenperin Haris Munandar mewakili Menteri Perindustrian pada acara Peresmian Gedung dan Wisuda Lulusan Angkatan Pertama AK Tekstil Solo, Senin (20/11).

 

Haris menjelaskan, beberapa tahun terakhir industri TPT semakin tumbuh dan berkembang di wilayah Jawa Tengah, baik investasi baru, perluasan pabrik maupun relokasi. Oleh karenanya, Kemenperin memfasilitasi pendirian AK Tekstil Solo yang bertujuan untuk memasok kebutuhan tenaga kerja jenjang Diploma II untuk kawasan Solo dan sekitarnya.

Berita Manufaktur Terkait

Indeks Manajer Pembelian...

Indeks manajer pembelian (purchasing manager index/PMI) Indonesia mampu mencapai level tertinggi dal...

Baca selengkapnya..

Kemenperin terus berupaya...

Industri Kecil Menengah merupakan jenis industri yang turut menyumbang kemajuan dalam perekonomian n...

Baca selengkapnya..

Kemenperin Berharap...

Kementerian Perindustrian masih mengharapkan agar Kementerian Keuangan mau memberikan insentif ...

Baca selengkapnya..

Perusahaan Manufaktur