loader

Apa Kabar Industri Kosmetik Indonesia?

06 June 2016 | Author : Manufakturindo
image berita
Industri kosmetik menjadi salah satu industri yang memiliki perkembangan pesat dari tahun ke tahun. Bahkan industri ini mengantongi predikat sebagai penyumbang nilai ekspor tinggi bagi Negara. Meski terkesan kurang terekspos media, tapi nyatanya industri kosmetik terus memberikan perkembangan yang signifikan dibanding industri lainnya.

 

Lalu, bagaimana kabar industri kosmetik saat ini?

 

Industri kosmetik menjadi lahan industri strategis dan potensial sebagai ladang investasi. Saat ini terdapat 760 perusahaan kosmetik yang tersebar di Indonesia. Selain itu industri kosmetik menyerap 75.000 tenaga kerja langsung dan 600.000 tenaga kerja tidak langsung.

 

 

Pabrik Kedua Eternit Gresik Mulai Memproduksi Produk Kalsi

 

 

Pihak Kementerian Perindustrian terus mencari inisiatif baru untuk memacu industri kosmetik agar terus berkembang. Industri kosmetik harus mampu menguasai pasar domestik dan memperluas pasar ekspor. Sebagai salah satu solusinya, pihak Menperin akan mengintegrasi produksi dari hulu hingga hilir, sebagai upaya penting yang harus segera dilaksanakan.

 

"Indonesia memiliki potensi industri kosmetik yang kuat, mempunyai pasar domestik yang besar dan menjadi produsen kosmetik untuk diekspor, SDM mumpuni dan bahan-bahan herbal sebagai material bahan baku. Khusus ekspor, nilainya pada 2015 mencapai USD818 juta atau sekitar Rp11 triliun," kata Menteri Perindustrian, Saleh Husin dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (1/6/2016).

 

Industri Makanan dan Minuman Terpantau Aman

 

Berkaca dari pernyataan Saleh Husen, bahwa industri kosmetik nyatanya mampu memperluas nilai ekspor hingga Rp 11 triliun tahun 2015. Diharapkan tahun ini akan semakin meningkat. Selain itu, nilai impor baik bahan baku maupun mesin mencapai USD 441 juta. hal ini menjadikan perdagangan produk kosmetik tanah air mengalami surplus sekitar 85%.

 

Meski mengalami surplus, namun industri kosmetik masih memiliki kendala yang harus dihadapi. Diungkapkan oleh Menperin jika tantangan tersebut berupa bahan baku produksi kosmetik, 90% masih berupa barang impor. Hingga saat ini, industri kosmetik masih terbatas pada formulasi dan pencampuran (compounding).

 

"Karena itu kita juga mengembangkan industri kosmetik yang terintegrasi dari hulu ke hilir dengan meningkatkan produksi bahan baku sehingga menekan impor. Lalu memacu research and development di dalam negeri, inovasi produk, riset pasar dan memperlebar pasar ekspor," ujar Saleh.

 



Loading...

Berita Manufaktur Terkait

Kemenperin Bangun Politeknik Industri...

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dengan Asosiasi dan Industri Petrokimia siap membangun Polite...

Kinerja Ekspor Mebel Dan Kerajinan Kayu Capai...

Kinerja ekspor produk mebel dan kerajinan kayu nasional periode Januari – Oktober 2018 capai U...

Cara Kemenperin Optimalkan Industri Furnitur...

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah melakukan optimalisasi industri furnitur tanah air. Pa...

Perusahaan Manufaktur