loader

Industri Mebel Optimis Membaik di Tahun 2017

04 January 2017 | Author : Manufakturindo
image berita
Sempat mengalami pasang surut penjualan di tahun 2016, nampaknya tak kunjung mematahkan semangat industri mebel untuk memperbaiki penjualan. Justru industri mebel merasa lebih optimis jika tahun 2017 lebih membaik.

 

Hal ini sejalan dengan pernyataan dari Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), yang mengaku optimistis dapat meningkatkan nilai penjualan dan ekspor produk-produk mebel dan kerajinan Indonesia, baik di pasar domestik dan internasional.

 

Ketua umum HIMKI, Soenoto, berharap jika keadaan ekonomi tahun depan mampu membaik sehingga dapat mendorong pertumbuhan industri mebel dan kerajinan Indonesia.

 

Dilansir dari laman Kontan, "Biasanya di akhir tahun atau awal tahun banyak produsen furnitur yang menawarkan diskon akhir tahun kepada pelanggan. Di sisi lain, tidak sedikit konsumen yang mencari suasana baru untuk kantor atau tempat tinggal mereka dan membutuhkan produk baru yang sesuai dengan mood yang diinginkan," kata Soenoto, Kamis (29/12).

 

 

Tahun 2017, Pemerintah Fokuskan Pertumbuhan Tiga Industri Ini!

 

 

Akhir tahun dan awal tahun dapat dijadikan sebuah momentum untuk mendukung penjualan. Pada saat ini, pusat penjualan mebel dan kerajinan biasanya memberikan diskon untuk menghabiskan stok, dan di awal tahun mereka mulai memburu stok baru.

 

Industri mebel diharapkan dapat selalu menghadirkan produk yang berinovasi dan kreatif, selain itu produk yang memiliki nilai jual tinggi. Apalagi jika melihat wilayah Indonesia yang kaya akan budaya, diharapkan para industri mebel dapat menunjukan produk yang memperlihatkan kekayaan budaya Indonesia. Produk yang unik dan memiliki ciri khas dipastikan mampu menarik pembeli lokal maupun asing. Selain itu mampu membedakan antara produk mebel asli Indonesia dan mebel olahan luar.

 

"Selain mendorong para pemain lokal untuk terus berinovasi dalam menghasilkan produk-produk berkualitas, kami juga mendukung mereka untuk belajar ke negara-negara lain khususnya negara-negara Asia lain yang telah menunjukkan eksistensi luar biasa di pasar internasional," ujar Soenoto.

 

HIMKI menyadari Indonesia masih sedikit tertinggal dari negara lain di kawasan Asia, bahkan ASEAN, namun HIMKI terus membangun optimisme untuk selalu meningkatkan nilai ekspor industri mebel dan kerajinan Indonesia setiap tahun.

 

Dalam beberapa tahun terakhir, nilai ekspor produk-produk mebel dan kerajinan Indonesia selalu berada di kisaran dua miliar dollar AS per tahun.

 

"Kami optimistis nilai ekspor produk mebel dan kerajinan Indonesia tiap tahun akan meningkat. Harapan kami adalah dalam lima tahun ke depan, nilai ekspor tersebut akan meningkat cukup signifikan," ujar Soenoto.

Berita Manufaktur Terkait

Indonesia Duduki Peringkat...

Belum lama ini, International Yearbook of Industrial Statistic 2016 yang diterbitkan oleh United Nat...

Baca selengkapnya..

Indobuildtech Expo Jakarta...

Indobuildtech Expo Jakarta 2017, pameran interior dan bangunan terbesar se-Asia Tenggara akan segera...

Baca selengkapnya..

Beasiswa Automotive...

Mercedes-Benz sebagai pabrikan otomotif kelas premium ternama di tanah air, turut serta menyelenggar...

Baca selengkapnya..

Perusahaan Manufaktur