loader

Tahun 2017, Pemerintah Fokuskan Pertumbuhan Tiga Industri Ini!

19 December 2016 | Author : Manufakturindo
image berita
Di tahun 2017, pemerintah akan memfokuskan diri demi pertumbuhan di tiga sektor industri manufaktur tanah air. Ketiga industri tersebut bertugas untuk mengolah bahan baku di dalam negeri, agar dapat menekan permintaan impor barang atau bahan baku.


"Ada 3 gaung industri besar yang menjadi sumber pertumbuhan," ujar Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, dalam acara Prospek Ekonomi Indonesia 2017, di Balai Kartini, Jakarta, Senin (19/12/2016).


Industri pertama adalah Kilang dan petrokimia. Kedua, industri bahan baku obat farmasi, lantaran 90% bahan baku obat masih diimpor. Padahal, pemerintah Indonesia telah menggelontorkan dana yang besar di sektor kesehatan seperti BPJS.


"Apalagi sekarang ini kita mengeluarkan dana besar-besaran untuk jaminan kesehatan BPJS, aneh nggak bisa kembangkan industri ini. Masa kita keluarkan dana besar, tapi impor dari luar. Itu bodoh namanya, jalur ini bisa dikembangkan," kata Darmin.


Untuk mendorong investasi masuk di sektor bahan baku, pemerintah telah membuka 100% investasi asing. Hal tersebut agar investor dapat ikut serta membangun industri hilir produksi obat generik hingga bahan baku di hulu agar obat lebih murah harganya.


Kemudian, industri yang ketiga yakni baja dan besi. Di mana saat ini baja sedang banyak dibutuhkan untuk pembangunan proyek transmisi listrik 35.000 MW.


"Nah apa yang kita lakukan 2 tahun ini. Barang kali boleh kita katakan hasilnya tidak spektakuler tapi cukup mendingan, kita nggak terseret dalam perlambatan ekonomi," imbuhnya.


Sementara itu, Darmin menyebut pembangunan Pusat Logistik Berikat (PLB) telah berkembang cukup besar. Dengan terbangunnya PLB, aktivitas barang yang akan diimpor dan di ekspor akan lebih mudah.


"Yang sudah terealisasi PLB ada 26 investasi sudah berjalan dan menyebar di seluruh Indonesia bukan cuma di Jawa atau Jakarta, tapi seluruh Indonesia," kata Darmin.

Berita Manufaktur Terkait

BPS Catat Kenaikan...

Rabu, 1 Februari 2017 lalu, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis hasil pencatatan pertumbuhan produks...

Baca selengkapnya..

Industri Mebel Optimis...

Sempat mengalami pasang surut penjualan di tahun 2016, nampaknya tak kunjung mematahkan semangat ind...

Baca selengkapnya..

Perusahaan Manufaktur