loader

Industri Alas Kaki Nasional Tumbuh Subur

27 February 2018 | Author : Manufakturindo
image berita
Industri alas kaki nasional beberapa tahun belakang menjadi salah satu sektor yang menjadi perhatian pemerintah. Pasalnya, industri ini mampu mencatatkan nilai pertumbuhan cukup subur. Bahkan dari hasil catatan Kementerian Perindustrian, industri alas kaki nasional berhasil meningkatkan nilai ekspor sebesar USD4,7 M, atau naik dua persen dibanding tahun sebelumnya.

 

Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih menjelaskan, kinerja positif dari industri alas kaki nasional lantaran adanya dorongan melalui upaya pemerintah menciptakan iklim usaha yang kondusif di Tanah Air.

 

Kemenperin mencatat, sebaran IKM alas kaki di Indonesia mencapai 32.562 unit usaha dengan menyerap tenaga kerja sebanyak 113.907 orang. Secara makro, dalam periode lima tahun (2012-2016), terjadi peningkatan signifikan terhadap konsumsi per kapita masyarakat Indonesia terhadap alas kaki yang semula hanya dua pasang menjadi lebih dari tiga pasang per tahun.

 

Sementara itu, dilihat dari kinerja pertumbuhan, kelompok industri kulit, barang jadi kulit dan alas kaki nasional berada di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional. Sektor ini mampu tumbuh sebesar 8,51 persen pada tahun 2016.

 

Berdasarkan World Footwear Market 2016, Asia masih mendominasi 87 persen produksi alas kaki dunia, dan Indonesia pada posisi ke-4 dengan total produksi mencapai 1 miliar pasang per tahun atau sekitar 4,4 persen kontribusi produksi alas kaki Indonesia ke dunia.

 

Gati menambahkan, IKM alas kaki saat ini dituntut harus mampu menciptakan nilai tambah yang lebih tinggi pada produk yang dihasilkan. Salah satu upaya strategis yang perlu dilakukan adalah meningkatkan pembangunan sektor ekonomi industri, dengan memperkuat kualitas sumber daya manusia (SDM) dan kualitas produk.

 

Terdapat, beberapa program prioritas yang dilaksanakan, antara lain pengembangan standard kompetensi SDM industri, penumbuhan wirausaha baru dan mendorong program national branding untuk IKM alas kaki.

 

Salah satunya contoh yang telah dilakukan adalah, program pengembangan merek sepatu Ekuator, di mana Kemenperin bertindak sebagai pemilik brand, melakukan pemasaran, dan pemegang hak atas karya intelektual desain sepatu tersebut yang diproduksi oleh IKM nasional.

 

 



Loading...

Berita Manufaktur Terkait

Kinerja Ekspor Mebel Dan...

Kinerja ekspor produk mebel dan kerajinan kayu nasional periode Januari – Oktober 2018 capai U...

Baca selengkapnya..

Cara Kemenperin Optimalkan...

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah melakukan optimalisasi industri furnitur tanah air. Pa...

Baca selengkapnya..

Cintai Produk Dalam Negeri...

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mengampanyekan aksi cintai produk da...

Baca selengkapnya..

Perusahaan Manufaktur