loader

Industri Batu Mulia dan Perhiasan Merangkak Naik

23 June 2016 | Author : Manufakturindo
image berita
Industri batu mulia dan perhiasan mulai menunjukkan jati dirinya di tanah air, hingga akhirnya, industri ini mampu menjadi tuan rumah di negara sendiri. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya konsumen yang menggemari batu mulia dan perhiasan olahan tanah air. Peningkatan ini mulai terlihat sejak tahun 2014 silam.

 

Walau terkesan kurang diekspos media, nyatanya industri ini mampu merangkak naik dan memberikan kontribusi positif bagi pendapatan dalam negeri. Selain itu, jumlah tenaga kerja dari hasil industri ini mencapai ratusan ribu pekerja.

 

Menurut data Kemenperin, tahun 2015 lalu terdapat kurang lebih 36.636 unit perusahaan industri yang bergerak di bidang perhiasan dan batu mulia. Industri ini mampu menyerap tenaga kerja hingga 332.802 orang dengan nilai produksi mencapai Rp 11,15 triliun.

 

 

How Are You Cosmetic Industry Now?

 

 

Bahkan disaat ekonomi melemah, industri perhiasan dan batu mulia tetap merangkak naik seakan tak terpengaruh dengan kondisi ekonomi. Industri ini tetap mampu menyumbang persentase ekspor yang signifikan setiap bulannya.

 

Sebagai salah satu upaya untuk terus memajukan industri batu mulai dan perhiasan, pihak Kemenperin akan melakukan beberapa terobosan baru agar dapat bertahan dan berdaya saing.

 

Dikutip dari situs resmi Kemenperin, “Beberapa langkah terobosan yang dilakukan Kemenperin, antara lain mendukung lembaga sertifikasi yang terstandar secara internasional, sehingga dapat menerbitkan sertifikat logam dan batu mulia Indonesia yang diakui oleh dunia internasional. Selanjutnya, memberikan pelatihan dalam rangka peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM), baik di bidang desain, pemotongan batu mulia dan perhiasan, serta penerapan teknologi terkini.

 

“Kami juga membuat kajian mendalam tentang potensi perhiasan batu mulia Indonesia sehingga masyarakat dunia dapat lebih mengenal dan memahami batu mulia dan perhiasan asal Indonesia,” ujar Direktur IKM Kimia, Sandang, Aneka dan Kerajinan Kemenperin Gati Wibawaningsih. Selain itu, dilakukan pula peningkatan promosi bagi hasil industri kerajinan perhiasan dan batu mulia, agar dapat menjangkau masyarakat luas.

 

 

 Industri Makanan dan Minuman Terpantau Aman

 

 

Gati menambahkan, “Kemenperin juga memberikan berbagai macam insentif guna menumbuhkan industri batu mulia dan perhiasan, antara lain dengan memberikan bantuan mesin dan peralatan pada sentra-sentra batu mulia dan perhiasan, memberikan pelatihan peningkatan SDM, memberikan pendampingan tenaga ahli perhiasan di bidang desain dan pemotongan, serta memberikan fasilitas pameran, dalam dan luar negeri”.



Loading...

Berita Manufaktur Terkait

Langkah Kemenperin Tingkatkan Peluang Industri...

Industri Perhiasan dinilai mampu memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional. Pasalnya ...

Perusahaan Manufaktur