loader

Kemenperin Pacu Peningkatan Industri Baja Nasional

28 June 2018 | Author : Manufakturindo
image berita
Hingga saat ini Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memacu peningkatan kapasitas produksi industri baja nasional. Hal ini lantaran belum terpenuhinya pasokan baja dalam negeri yang mencapai 14 juta ton per tahun. Sedangkan produksi dalam negeri masih berkisar di angka 8 - 9 juta ton per tahun. Sisanya diimpor dari China, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, India dan lain sebagainya.

 

“Produksi industri baja dalam negeri terus dioptimalkan dan diarahkan pada pengembangan produk khusus bernilai tambah tinggi, sehingga kita tidak perlu lagi impor,” tegas Airlangga.

 

Kemenperin juga terus mendorong percepatan pembangunan klaster industri baja, misalnya di Cilegon, Banten yang ditargetkan dapat memproduksi hingga 10 juta ton baja pada tahun 2025. Selain itu, klaster industri baja di Batulicin, Kalimantan Selatan dan Morowali, Sulawesi Tengah.

 

Kemudian, untuk mendongkrak daya saing industri baja dalam negeri, Kemenperin telah menyusun strategi, antara lain implementasi revolusi industri 4.0 di sektor industri baja untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

 

Selanjutnya, melaksanakan program pendidikan dan pelatihan vokasi yang link and match dengan industri untuk menghasilkan tenaga kerja yang kompeten.

 

“Di tahun 2018, kami menargetkan dapat menciptakan 300 ribu tenaga kerja terampil, dengan menggandeng sebanyak 558 perusahaan dan 1.500 SMK,” ungkap Airlangga.

 

Kebijakan lainnya adalah implementasi mengenai tingkat komponen dalam negeri (TKDN) pada proyek infrastruktur di Tanah Air.

 

Selain fokus pada implementasi TDKN untuk meningkatkan penggunaan produk industri dalam negeri, Kemenperin juga menerapkan SNI untuk produk baja.

 

“Saat ini, terdapat 28 SNI wajib untuk produk baja agar meningkatkan kualitas dan keamanan di industri baja dalam negeri,” imbuhnya.

Berita Manufaktur Terkait

DUA PABRIK BARU SIDO...

Demi meningkatkan pendapatan dan kapasitas produksi, PT Sido Muncul Tbk siap mengoperasikan  du...

Baca selengkapnya..

Indonesia International...

Demi mengulang kesuksesan pameran di tahun sebelumnya, INAGRITECH kembali hadir dengan berbagai hal ...

Baca selengkapnya..

Indeks Manajer Pembelian...

Indeks manajer pembelian (purchasing manager index/PMI) Indonesia mampu mencapai level tertinggi dal...

Baca selengkapnya..

Perusahaan Manufaktur