loader

Kondisi Industri Manufaktur Nasional Membaik

12 December 2017 | Author : Manufakturindo
image berita
Kondisi industri manufaktur nasional menjelang akhir tahun 2017 diklaim membaik dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Hal ini terlihat dari naiknya indeks manajer pembelian (purchasing manager index/PMI) di bulan November sebesar 50,4, dibandingkan Oktober sebesar 50,1.

 

PMI merupakan hasil survey manajer pembelian di perusahaan manufaktur Indonesia yang dilakukan oleh Nikkei dan Markit. PMI di atas 50 menandakan manufaktur tengah ekspansif, sedangkan di bawah 50 memperlihatkan manufaktur mengalami resesi.

 

“Peluang pasar yang semakin besar baik dari domestik maupun ekspor perlu dimanfaatkan secara optimal oleh para pelaku industri dalam negeri untuk menjaga momentum pertumbuhan yang semakin baik ini,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Jakarta, Minggu (10/12).

 

Menperin menegaskan, pemerintah tengah membangun berbagai sarana infrastruktur dan desain regulasi, yang akan berdampak positif terhadap perkembangan dunia usaha dan masyarakat secara umum.

 

Enam Program Prioritas

 

Dalam upaya mencapai target akselerasi pertumbuhan industri nasional, Kementerian Perindustrian memiliki enam program prioritas yang saat ini masih dijalankan. Keenam program tersebut, yaitu penguatan kompetensi sumber daya manusia melalui pendidikan vokasi yang link and match antara SMK dengan industri, pendalaman struktur industri lewat penguatan rantai nilai, serta pengembangan industri padat karya berorientasi ekspor. Lalu, pengembangan industri kecil dan menengah melalui platform digital, pengembangan industri berbasis sumber daya alam, dan pengembangan wilayah industri.

 

Menurutnya, sektor industri membawa efek yang luas bagi perekonomian nasional malalui peningkatan nilai tambah bahan baku dalam negeri, penyerapan tenaga kerja lokal, dan penerimaan devisa. Selain itu, berperan penting sebagai kontributor terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Berita Manufaktur Terkait

Mega Career Expo Jakarta -...

Mega Career Expo kembali hadir di Jakarta. Event tahunan yang sukses mengantarkan pencari kerja mend...

Baca selengkapnya..

Sektor Industri Capai...

Sektor industri berhasil meraih capaian kontribusi tertinggi terhadap realisasi investasi baru, deng...

Baca selengkapnya..

Tahun 2018, Kemenperin...

Kementerian Perindustrian akan memacu pertumbuhan lima subsektor manufaktur tanah air di tahun 2018,...

Baca selengkapnya..

Perusahaan Manufaktur