loader

Sampoerna Sabet Penghargaan Nihil Kecelakaan Kerja

23 May 2016 | Author : Manufakturindo
image berita
PT Hm Sampoerna Tbk merupakan salah satu perusahaan manufaktur rokok terbesar di Indonesia. Tahun 2016 ini, PT Hm Sampoerna Tbk berhasil menyabet penghargaan sebagai lokasi kerja dengan nihil kecelakaan kerja.

 

Perusahaan ini berhasil menjadi satu-satunya perusahaanyang berturut-turut meraih penghargaan tersebut sejak tahun 1999. Selama ini baru Sampoerna yang berhasil membuktikannya dan diharapkan dapat disusul oleh perusahaan lain terkait keselamatan kerja.

 

Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia pada hari Rabu, 18 Mei 2016 lalu. Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia memberikan penghargaan atas keberhasilan Sampoerna melaksanakan program keselamatan kerja bagi 17.000 pekerja di lima pabrik sigaret kretek tangan (SKT).

 

Sampoerna layak bangga dengan pencapaiannya di tahun 2016 ini. Hingga kini perusahaan masih berkomitmen untuk menjadi yang terbaik dan memberikan keamanan lebih bagi pekerja. Padahal jika dilihat dari data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, angka kecelakaan kerja di Indonesia terbilang masih sangat tinggi. Hingga akhir tahun 2015, tercatat sekitar 100.000 kasus kecelakaan kerja di Indonesia per tahun. Dari jumlah tersebut, lebih dari 2.000 kasus merupakan kecelakaan berat yang mengakibatkan kematian.

 

 

Manufacturing Surabaya 2016

 

 

Di hari lain, tepatnya pada tanggal 19 Mei 2016, penghargaan juga datang dari Museum Rekor Indonesia (MURI). MURI mencatat jika Sampoerna menjadi satu-satunya perusahaan di Indonesia dengan jumlah jam kerja terbanyak, tanpa kecelakaan selama 20 tahun (periode 1996 – 2016), yaitu 757.000.000 jam.

 

Dikutip dari berbagai laman, Upaya Sampoerna ini sejalan dengan Kampanye Indonesia Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang dicanangkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan sejak 1970, seiring lahirnya UU No 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja. Sampoerna sepakat bahwa K3 merupakan bagian integral dan revolusi mental dalam pembangunan nasional guna meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan bangsa.

 

Sementara itu, Direktur Pengawasan Norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja Ir. Amri AK, MK, berharap Sampoerna terus mempertahankan prestasi ini.

 

“Kami mengharapkan (Sampoerna) mempertahankan prestasi tersebut dan meningkatkan pelaksanaan K3 di tempat kerja secara terus-menerus agar tidak terjadi kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja serta meningkatkan produktivitas tenaga kerja,” ujar Amri melalui surat tertulis kepada Sampoerna.

 

 

Industri Makanan dan Minuman Terpantau Aman

 

 

Prestasi ini tak lepas kerja keras Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sampoerna selama 20 tahun. Selama periode itu, departemen ini selalu bekerja keras menjamin keselamatan dan kesehatan tenaga kerja, serta mengendalikan risiko terhadap peralatan yang berada di fasilitas produksi sehingga dapat digunakan secara aman.



Loading...

Berita Manufaktur Terkait

Jadi Mendikbud, Nadiem Makarim Punya Tugas...

Setelah resmi dilantik sebagai Mendikbud bulan lalu, Nadiem Makarim sempat diragukan kemampuannya. B...

Jokowi-Maruf Amin Baru dilantik Sudah Punya PR...

Usai pelantikan presiden dan wakil presiden RI 2019 – 2024, Jokowi dan Ma’ruf Amin selak...

Kemenperin Bangun Politeknik Industri...

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dengan Asosiasi dan Industri Petrokimia siap membangun Polite...

Perusahaan Manufaktur