loader

Sukses Lamar Kerja di Job Fair, Mau?

05 September 2016 | Author : Manufakturindo
image berita
Job fair atau yang biasa disebut bursa kerja merupakan salah satu event yang diselenggarakan untuk mempertemukan perusahaan dengan calon karyawan. Di sini, beragam perusahaan berkumpul untuk mencari kandidat terbaik. Perusahaan yang ikut serta pun bermacam-macam, ada yang bergerak di bidang industri manufaktur, keuangan, jasa, dan masih banyak lainnya.

 

Job fair ini menjadi lokasi tepat untuk anda mencari pekerjaan. Di sini anda tidak perlu repot-repot mengirimkan lamaran ke perusahaan via pos, yang tentunya memakan waktu dan biaya. Anda hanya perlu mempersiapkan CV beserta dokumen pendukung dan langsung mencoba melamar juga interview dalam waktu yang sama.

 

Anda mau sukses lamar kerja di Job fair? Simak beberapa tips berikut ini!

 

  • Perdalam informasi
Anda dapat memperdalam informasi terkait, waktu, tempat dimana job fair diadakan, baik di media cetak ataupun media online seperti manufakturindo.com. Setelah menemukan job fair yang cocok, silakan lihat perusahaan apa saja yang sudah terdaftar, apakah sesuai dengan keinginan anda?

 

  • Perbanyak CV
Buatlah Curriculum Vitae (CV) anda sebaik-baiknya, cantumkan nama, alamat, nomor telepon dengan jelas dan benar. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan perusahaan melihat data diri anda. usahakan buat CV maksimal 3 halaman (tuliskan poin-poin penting).

Anda diperlukan untuk membawa tak hanya 4 soft copy, namun disarankan agar mencetaknya lebih banyak. Usahakan pula anda menyimpan soft copy CV anda dalam flash disk agar dapat dengan mudah dicetak kembali.

 

  • Lengkapi Dokumen Pendukung
Jangan lupa membawa dokumen pendukung, seperti fotokopi identitas pribadi, fotokopi ijazah/SKHUN jika ijazah belum keluar, fotokopi sertifikat jika ada. Selain dokumen, perlengkapan pendukung juga diperlukan, misalkan pulpen, laptop, dan flash disk.

 

  • Persiapkan jawaban saat wawancara
Saat wawancara, anda diharuskan siap dengan segala pertanyaan yang diajukan. Biasanya pertanyaan seputar profile perusahaan, mengapa anda tertarik dengan bidang tersebut, poin plus dan minus yang anda miliki (tentang bagaiman anda bekerja).

 

  • Persiapkan fisik juga mental
Usahakan fisik anda dalam keadaan prima, dengan cara tidur lebih awal pada malam sebelum job fair berlangsung. karena kurang tidur bisa mengurangi daya tahan tubuh saat job fair berlangsung, bisa juga mengurangi mood.

 

  • Persiapkan penampilan dengan baik
Poin ini walaupun terkesan simple, namun nyatanya beberapa perusahaan melihat penampilan pelamarnya terlebih dahulu. Mereka akan melihat kerapian, kebersihan apa yang anda kenakan.



Loading...

Berita Manufaktur Terkait

Industri Manufaktur Mampu Menyerap 18,25 Juta...

Industri manufaktur mampu menyerap 18,25 juta tenaga kerja terampil di tahun 2018. Jumlah ini mampu ...

Daftar Perusahaan Peserta Career Days UGM

Masih mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan keinginan anda? Ingin mencari tantanga...

Seminar Dan Job Fair Jabar 2018

Ayo datang dan ramaikan acara Seminar dan Job Fair Jabar tahun 2018. Tersedia ratusan lowongan kerja...

Perusahaan Manufaktur